Mayat Berjalan di Tana Toraja


Tana torajaSebagai orang Toraja asli, saya sangat sering ditanya oleh teman2 tentang uniknya kebudayaan Tana toraja khususnya tentang fenomena mayat berjalan. saya sendiri lahir dan tumbuh besar di Tana Toraja sehingga saya mengetahui tentang adat & kebudayaan di Tana Toraja walaupun tidak menguasai secara keseluruhan tentang asal usul dan segala macam tetek bengek adat Toraja.

Cerita mayat berjalan sudah ada sejak dahulu kala. ratusan tahun yang lalu konon terjadi perang saudara di Tana toraja yakni orang Toraja Barat berperang melawan orang Toraja Timur. dalam peperangan tersebut orang Toraja Barat kalah telak karena sebagian besar dari mereka tewas, tetapi pada saat akan pulang ke kampung mereka seluruh mayat orang Toraja Barat berjalan, sedangkan orang Toraja Timur walaupun hanya sedikit yang tewas tetapi mereka menggotong mayat saudara mereka yang mati, karena kejadian tersebut maka peperangan tersebut dianggap seri. pada keturunan selanjutnya orang-orang Toraja sering menguburkan mayatnya dengan cara mayat tersebut berjalan sendiri ke liang kuburnya.

Fenomena “Mayat berjalan” itu saya sendiri pernah menyaksikannya secara langsung. kejadian tersebut terjadi sekitar tahun 1992 (saya baru kelas 3 SD). pada saat itu di desa saya ada seorang bernama Pongbarrak yang ibunya meninggal. seperti adat orang Toraja sang mayat tidak langsung dikuburkan tetapi masih harus melalui prosesi adat penguburan (rambu solo’). saat itu setelah dimandikan mayat sang ibu diletakkan di tempat tidur dalam sebuah kamar khusus sebelum dimasukkan kedalam peti jenasah. pada malam ketiga seluruh keluarga berkumpul untuk membicarakan bagaimana prosesi pemakaman yang akan dilaksanakan nanti. saat itu saya duduk di teras rumah maklum anak-anak jadi suka mondar mandir. namun setelah rapat selesai (sekitar jam 10 malam), tiba-tiba ada kegaduhan dalam rumah dimana beberapa ibu-ibu berteriak -teriak. karena penasaran saya berusaha melongok ke dalam rumah dan astaga sang mayat berjalan keluar dari dalam kamar, kontan saja saya dan teman2 saya berteriak histeris dan berlari menuruni tangga. saya berlari dan mendapatkan ayah saya sambil  histeris ketakutan. setelah itu saya langsung dibawa pulang kerumah oleh ayah dan  saya tidak tahu apa yang terjadi selanjutnya. Keesokan harinya kejadian tersebut rupanya cukup heboh diperbincangkan oleh warga dan informasi yang saya dengar bahwa Pongbarrak yang melakukan hal tersebut. konon dia iseng aja untuk membuat lelucon pada malam itu.

Pada zaman sekarang sudah sangat jarang orang Toraja yang mempraktekkan hal tersebut walaupun masih banyak generasi yang memiliki ilmu seperti itu. akan tetapi mereka masih sering mempraktekkannya pada binatang seperti ayam atau kerbau yang diadu dalam keadaan leher terputus. Binatang seperti kerbau yang sudah dipotong kepalanya dan dikuliti habispun, masih bisa dibuat berdiri dan berlari kencang, mengamuk kesana sini!

110 Komentar

  1. Satu kata…
    WOW….!!!!!!!!!!!
    itulah keindahan Indonesia…
    saya kagum dengan kebudayaan Tanah Toraja…..
    mudah2an kita bisa saling bertukar info tentang kebudayaan kita masing2 ya teman..
    GBU…

    • yg lebih hebat lagi seni budaya korupsinya…… yg membuat kita lebih bangga

      • hahaa :D
        ..dan jg lebih memalukan.

    • Toraja memang tiada duanya,tapi Pemerintahya tdk tau gimana supaya masyarakatnya bisa menikmati apa yang ada di toraja.pemerinta cuma memamfaatkan para pelaku parawisata.mana nyalinya pemerinta.

      • wah gan klu budayanya ky gtu yg ada turis2 lari terbirit2
        ane aja merinding dgrnya wuih serem bgt tp
        salut bwt org toraja bravoo

      • betul bngat itu

    • wau….seram nya. sbnar nya sy pun anak toraja. sy perna dngar mem cerita dngan my famelly tapi aku tak percaya. mkin sebap dri kecil aq tak perna pulang kampung kod. tapi apa pun memang menakutkan oh………

      • org malaysia ni kan..hehe

    • sangat bangga jadi orang toraja

      • saya penasaran sm mayat berjalanx bung???
        meskipun saya lahir ditoraja tapi tidak terlalu tau
        bung ada videox ndak???

    • misa’ kda di patuo pntan kda di pomate

    • mengherankan tapi itulah keajaib Dunia..JBU saya juga ingin mencari sahabat yg berbangsa toraja mamasa pls mail saya

      • Sarah Morris aslinya suku apa? pingin mencari sahabat orang Toraja silahkan jalan2 ke Toraja ,gampangkan?

    • Suku batak dan suku Toraja satu garis keturunan

  2. Saya pernah ke Toraja, nuansa magis dan ilmu ghoib memang masih terasa sangat kental di sana. satu hal yang membuat terkesan selama disana adalah sifat kerja keras dan solidaritas orang Toraja….

  3. sy baru smpat baca artikelnya..
    wah gila aj mayat bisa jalan.malam2 lg..
    kalo sy mah lngsung pingsan di tmpat liat mayat bisa jalan.
    ihhhh X-)

    • makax sering” lihat adat toraja..jadi sdh gak takut lagi..okay..

  4. beh…….aq za bru tau,hahahhaaa………
    ada videonya gak.???
    pengen liat donk………

  5. toraja memang indah.,.,

  6. ada videonya nggak?

  7. wow… pengen liat..
    saya juga asli toraja, tapi belum pernah liat kyk gitu…

  8. Bung, menarik sekali cerita ini. Saya juga sering ditanya soal mayat berjalan

    saya katakan, saya tidak pernah melihat dengan mata kepala, hanya mendengar
    dari penuturan orang-orang tua.
    pengalaman anda sendiri, apalagi tertulis sungguh menarik bagi banyak orang…

    terima kasih, sekaligus minta ijin posting artikel ini untuk mamasa online ya

    salam bloger

  9. Luar biasa….belum ada di dunia yang seperti ini. Toraja is the best

  10. kalo kerbau hampir putus kepala tapi berdiri jalan lalu berlari, saya pernah lihat waktu pemakaman buyut saya…ngeri juga ngelihatnya

  11. Wah q pernah dgr sih,,tp menurut sy mgkn mayatx di ikat tali wkwkwkwk

  12. share videonya dong…

  13. Apa yang saya risaukan ini adalah tentang ilmu ghaib yang bertentangan dengan Islam. Syaitan boleh buat apa saja untuk memesongkan manusia dari jalan Allah. Perkara perkara unik ini ada lah perbuatan syaitan,lalu kita kagum dengan nya. Berhati hatil lah jangan kita percaya kepada ini hingga kita jatuh syirik.

    • kalo anda tidak percaya datang saja ditoraja………. ini adalah budaya kami orang toraja………

    • kalo ini perbuatan syaitan truss syaitanx skarang ngapain donk kalo jobx uda d ambil ali hahahahaha

    • hati-hati ngmong bung,,,ini kan sdh namax tradisi jadi mau di apain lagi,,kalo tidak percaya datang aja ke tanah toraja…
      bisa langsung di tanyakan dengan panglimax..

  14. memang toraja yg paling luar biasa dari semua budaya yg ada di indonesia,,,,!
    “TORAJA” IS THE BEST OF CULTURE IN THE WORLD…..!

  15. ini ada link dari kaskus dimana ada gambar seorang mayat wanita berjalan

    http://www.kaskus.us/showthread.php?t=3755150

  16. duh.. yang mana satu nenek ku ya? kok ngak ada?

  17. wah..saya pernah belajar di Indonesia ( Jawa) & ckp tertarik dgn nuansa budaya disitu. Kakakku pernah cerita di Tana Toraja ni sangat cantik dan masih kental nuansa tradisionalnya. Saya bayangin..barangkali spt di Desa Trunyan, Bali. Saya rinduuuu banget dengan Indonesia.

    • klo saya perhatikan gaya penulisannya kamu pasti indonesia asli ya,

    • mungkin ini bukan orang indonesia, tapi org toraja ya……….

  18. this is a very unique culture……i like to knw more about toraja people……

  19. Tana Toraja memiliki Culture yg beraneka ragam,pemandangan yg eksotik.dsb
    I LOVE FULL TORAJA LAND

  20. apapun kembalikan keseluruhan diri kita kepada Dia, Tuhan Yang Maha Agung lagi Maha Esa..

  21. wah,,sebagai orang toraja sya sangat kagum dengan keunikannya

  22. [...] Furthermore, I have searched the net to find info for similar phenomena yet no results were found. However, the photo below is somehow available throughout mostly in a blog written in either Malay or Indonesian language. Nevertheless, it is hard to trace the original source of the photo. Yet, the phenomenon is confirmed to be existed among the native of Tana Toraja. [...]

  23. amazing………
    itulah indonesia……..

  24. Aduh….. Jd pengen belajar ilmu itu.. btw, siapa yang tau ya kalau mau belajar Ilmu tu kemana????

  25. WOUW KEREN ABIS TANA TORAJA……

  26. buzweeet….
    q tertarik buanget tuk nyaksiin langsung…
    sayg gk pux knalan ditoraja jd gk bisa jln2 dhe ksna ..

    • kalo, mw ke toraja kabarin aja bdw ikhlas gw ngantarin kalo, mo liat situasi di toraja nich bdw gw sandy

  27. wah! sangat menakutkan. O ya, tuan blog.. jalan2 cari kawan d sini ya. Saya guna artikel kamu untuk penerangan dalam blog saya. Boleh kan? harap halal… Thanks..

  28. SAYA SEBAGAI ORANG TORAJA SANGAT BANGGA TERHADAP BUDAYA2 KITA ORANG TORAJA. TAPI PENERUS KITA SUDAH JARANG, KARENA ORANG TORAJA BANYAK PERGI MERANTAU KE LUAR DAERAH, DAN SUDAH LUPA MELESTARIKAN BUDAYA ORANG TORAJA

    • cpa bilang bro,,,saya mzh membudidayakan,,tradisi toraja…

      • saya setuju

  29. salam damai. ptama kali saya mendengar kebudayaan spt ini. mmg sesuatu yg luar biasa.

  30. pilkada toraja yang berdarah untuk apa, untung ngaq rugi iya

  31. aq kagum dgn kbudayaan tana toraja.. Dan aq bangga jd ank toraja..

  32. [...] to trace the original source of the photo. Yet, the phenomenon is confirmed to be existed among the native of Tana Toraja. The corpse given the hypnotism that the deceased can return home on [...]

  33. Hai..salam semuanya..aku aden dari Malaysia…ibuku berbangsa toraja dan sudah menetap di sini selama 23 tahun…aku berusia 22 tahun…
    ibuku bernikah dengan org malaysia…walopun bgtu ibuku sering bercerita mengenai kebudayaan toraja dan aku pernah mendengar cerita mayat berjalan yg diceritakan oleh nenek ku sewaktu dia berlibur ke malaysia…Aku mahu ke toraja, pulang ke kampung aku..kali terakhir ke sana sewaktu aku berusia 3 tahun..mana mungkin bisa mengingati memori dsana…AKU BANGGA PUNYA KETURUNAN TORAJA..walopun aku warga Malaysia,namun asal-usul aku tidak akn aku lupakan…LONG LIVE TORAJA PEOPLES…

    • kami warga indo slalu mendukung siapa pun yg mau dtg ke tanah kami terlepas dari isu isu kedua negara kita yg sdang memanas sbenarnya gak smua indo ska
      memanas2si keadaan itu hanya segelintir org yg tdk bertanggung jwb
      malasia indo satu rumpun damai slamanya
      tp ati2 gan ntar mayatnya nyamperi lo gmn????
      klu gw pingsan dah wkwkwkwkwk

      • tongan liu to

  34. goood… serem nggak ya?

  35. ngak seram ah …..

  36. Walaupun aku lahir di Malaysia, warga Malaysia tapi aku masih ingat asal usulku tanah Toraja!

  37. Orang Toraja Dimanapun kalian berada (Malaysia, Indonesia, Brunei) sebaiknya cepatlah kembali keindonesia sebeum kalian lupa akan jati diri kalian. Apalagi kalian yang ada dimalaysia & brunei, lama disana pasti generasi kalian lupa akan kampung TORAJA tercinta kita ini

    • Sejak Zaman V.O.C orang tua saya meninggalkan Tanah Toraja,tapi Insya Allah saya akan kembali ke Tanah Toraja pada tahun2018 dan akan tinggal di tanah kelahiran Nenek / kakek buyut saya Bori’ Rantepao..Salam buat saudara2ku satu garis keturunan Ne’Ramba’.

  38. Toraja is the Best………..

    meoli komi ………………..
    ai hi hi

    he he he hee he,e
    hoo hoo hoo o o o….. eeeee Ba’ting

  39. male sauk

    • ai hi hi….
      kedoko tato hahahha
      tammui iti’ hahahaa

    • ai hi hi…
      kedoko tato hahaha
      tammui iti’ hahaha

    • tammui lok liu

  40. dulu saya tinggal di kalimantan, dan kebutulan tetangga saya juga orang toraja, waktu kecil juga sering didongengi tentang mayat berjalan ini.
    ampe’ sekarang tetap takjub!
    salam kenal http://zhaomoli.wordpress.com

  41. aq jga,, orang toraja asli tapi gah p’nah liat kaja gitu. Cuman dgar cerita aj….

  42. saya bangga jadi orang toraja,,,malahan kalo saya mw nikah,,cari istri toraja,,,biar keturunan toraja masih asli truz…

  43. sya dari suku dusun SABAH,tidak pernah mendengar misteri sebegini.hebat ya Suku TORAJA

  44. Saya dari suku Dusun SABAH tidak pernah mendengar ceritera sebegini,HEBAT..Toraja memang hebat

  45. Saya dari suku DUSUN Sabah tidak pernah mendengar ceritera sebegini,HEBAT..Toraja memang hebat

  46. Wah hahaha ntuh emang masi ada tuh tp yang gua sendiri pernah liat tuh yang kebo udh di potong palanya udh g ada masi bisa ngamuk2 gitu. Terus taunya itu cuma ajang iseng2an buat yang punya ilmu zzzz. Coba itu di pake buat ganyang malaysia ahahahahha. Btw saya jg keturunan toraja

  47. BLOEM AP’ JEE INE

  48. Aku lagi nabung duit mau pergi ke tana Toraja.

    • iya.a.a kumpulkn yang sebanyak2y.biar asyik. . . . . . .

  49. toraja is the best

  50. Yah……..chaynk banget saya baru sekali nea ke Toraja……………..???

  51. Dalam catatan sejarah oleh para sejarawan/ arkeolog mahluk hidup sesudah mati belum penah ada yg bisa bangun utk berjalan, Bgs yg Bodoh atau Orang yg bodoh (kurang Wawasan / pengetahuan),sangat percaya, tetapi tdk ada fakta yg benar-benar dpt dibuktikan, supaya budaya atau agamanya menjadi terkenal utk menaikan ranting agama tsb, beberapa kasus sbg contoh ; Neil amstrong berbohong sampe dibulan,dan mendengar adzan, foto kwan im dilangit, penampakan UFO bru-baru ini terbongkor bhwa di NATIONAL GEOGRAPHIC CHANNEL.

  52. LOGIKA & RASIO Nuh dan Air Bah (versi feifei_fairy)
    feifei_fairy on Thu Dec 25, 2008 1:04 am
    LOGIKA & RASIO Nuh dan Air Bah (versi feifei_fairy)

    Pembuatan kapal, diselamatkannya semua binatang, banjir besar, semuanya yg ditulis dalam Quran sebagian diambil dari Genesis (Kitab Kejadian). Ketika kesadaran akan kemustahilan2 kisah ini muncul, orang kristen tidak lagi menganggap kisah ini secara harafiah; kecuali, tentu saja para fundamentalis, yang masih banyak berkeliaran setiap tahun mencoba mencari sisa puing2 kapal nabi nuh. Kaum muslim, dilain pihak, sepertinya kebal dari pemikiran rasional, dan menolak mencari bukti2 utk ini. Saya akan mengeluarkan pendapat yg menunjukkan kemustahilan legenda ini, meski kelihatannya saya seperti berusaha memaparkan kebohongan dari sesuatu yang sudah jelas bohongnya tapi saya harap akan lebih banyak orang berusaha seperti saya ini dan semakin sering lagi melakukannya.

    Nuh diminta utk membawa kedalam kapalnya sepasang binatang dari semua spesies (Surah 11.36-41). Para ahli hewan[58] memperkirakan mungkin ada 10 juta spesies utk serangga saja; apa mereka semua masuk kedalam kapal? Benarkah serangga saja tidak menghabiskan tempat kapal? Mari kita fokus pada spesies yang lebih besar ukurannya: reptil ada 5.000 spesies; burung 9.000 spesies; lalu 4.500 spesis kelas mamalia (hal 239). Semuanya dalam data أق‚،ثœphylum chordataأق‚،ق„ (jenis2 binatang menengah) ada sekitar 45.000 spesies (hal.236). Seberapa besar kapal itu hingga bisa membawa sekitar 45.000 spesies binatang? Masing2 sepasang, jadi ada sekitar 90.000 ekor binatang ukuran sedang, mulai dari ular sampai gajah, burung sampai kuda, kuda nil sampai badak. Bagaimana bisa Nuh mengumpulkan mereka secepat itu? Berapa lama dia menunggu dua ekor Sloth yang beringsut secara pelahan dari amazon ketempatnya? Bagaimana kanguru bisa keluar dari benua australia yang berupa pulau? Bagaimana beruang kutub tahu lokasi kapalnya nuh? Seperti Robert Ingersoll tanyakan[59] أق‚،إ”adakah kemustahilan yang lebih hebat dari ini?أق‚، Misal jika kita menerima kisah ini tidak secara harafiah, atau kita memelesetkan dengan jawaban yang samar2, seperti: أق‚،إ”Bagi Tuhan semuanya itu mungkinأق‚،. Kenapa Tuhan memilih cara yang sulit, penuh komplikasi dan makan waktu (setidaknya utk Nuh) ini? Kenapa tidak selamatkan saja Nuh dan orang2 yang saleh dengan mukjijat yg cepat daripada usaha yang berpanjang2 ini?

    Tidak ada bukti geologis yang mengindikasikan pernah terjadi Banjir Besar. Memang ada bukti2 banjir lokal tapi bukan yang menutupi seluruh muka bumi, bahkan menutupi timur tengah saja tidak ada. Kita sekarang tahu bahwa kisah Air Bah dalam bible, dimana Quran menyalin, berasal dari legenda Mesopotamia: أق‚،إ”Tidak ada bukti apapun yang merunut terjadinya air bah yg sama dalam kisah2 Mesopotamian dan Yahudi; Fiksi Yahudi kemungkinan berkembang dan berasal dari legenda Mesopotamia. Kisah2 ini adalah fiksi bukan sejarah.أق‚،[60]

    Saya tambahkan bahwa di Alkitab ukuran kapal nuh sangat jelas dengan memakai hasta
    dan setelah dicocokan dengan ukuran cm/m , maka luas persegi kapal nuh hanyalah seluas lapangan sepak bola ukuran 75mx120m
    dimana ukuran tersebut di kalikan 4 karena bahtera nuh dibuat 4 tingkap
    tapi saya masih berbaik hati saya kira lebih baik anda bayangkan luas stadion sepak bola saja bukan hanya tempat bermainnya(75×120) jadi bayangkan sebuah lapangan sepak bola dan mempunyai 4 tingkap/tingkat sesuai di dalam alkitab yg lebih komplit(bonus dari saya untuk luas bahtera nuh agar anda bisa bayangkan berapa luasnya/daya tampungnya)
    Lapangan sepak bola modern yang luas dan megah mampu menampung kapasitas penonton kurang dari 10 juta manusia hanya 70ribu(70.000 )sampai 200ribu(200.000) penonton .
    Kita kalikan 200ribu dengan 4 tingkap sesuai dengan alkitab =800ribu
    Jumlah bintang di bumi ini jelasnya lebih dari 1.000.000(satu juta) jenisnya
    dari jumlah binatang dibandingkan kapasitas kapal nuh secara RASIO tidak mungkin dapat bisa menampung seluruh hewan yang ada di dunia ini.
    Dan untuk manusia hanya 8 orang bangsa yahudi yang selamat tapi tahun sekarang 2008 ada 3 ras manusia yang kita tahu yaitu,orang bule/eurasia,china/mongolid dan hitam/negroid dan jarak waktu hanya 2500 sebelum masehi ditambah 2008 masehi hanya 4508 tahun saja jarak 8 orang tersebut bisa menghasilkan 3 Ras utama yang berbeda saja sudah mustahil dari 8 manusia dengan genetika/ras yang sama.
    dan peradaban China jelasnya sudah lebih tua 8000 tahun dari 4508 tahun ada 3000 tahun populasi peradaban china sudah tercatat meskipun juga mitologi china pernah menyatakan ada banjir pada saat itu sama dengan mitologi alkitab tapi jelasnya untuk china saja bukan untuk mitologi bangsa lain.
    Jadi ini memang dongeng/mitos yahudi dan harusnya kristen juga sadar dongeng dongeng memang ada di alkitab dan memang tidak salah karena mengambarkan sejarah perjuangan suatu bangsa akan mengenalnya suatu kuasa di luar batas kuasa manusia,tapi dengan absurdnya quran cerita ini dipercaya dan tercatat karena quran adalah dari allah(versi muslim memang sangat tdk logis)

    Tambahan yang terakhir khusus bagi KRISTEN China
    Sejarah nuh dalam alkitab jelas runtut waktunya dimana Dalam tahun masehi 0 (nol) Yesus lahir dan sampai Musa ada selisih 2500 tahun dan dari Musa ada selisih 2000 tahun ke zaman/era NUH

    kalau dihitung dari abad 2000 ini maka jumlahnya 6500 tahun ,sedangkan budaya peradaban manusia jauh diatas 30.000 ribu tahun,sedangkan MESIR mencatakan peradabanya 5000 tahun sebelum BC(0 masehi), CHINA sendiri dengan ini biar jelas saya berikan referensinya

    http://id.wikipedia.org/wiki/Sejarah_Cina

    Sejarah Cina adalah salah satu sejarah kebudayaan tertua di dunia. Dari penemuan arkeologi dan antropologi, daerah Cina telah didiami oleh manusia purba sejak 1,7 juta tahun yang lalu.

  53. Saya kasih referensi dimana terdapat perhitungan waktu/tahun dari sumber resmi
    Kedua sumber tersebut meneliti dan menghitung waktu kalkulasi dari abad sekarang,kelahiran yesus dan air bah bahkan adam dimana hanya kisaran 7000 tahun dan ini dilakukan secara alkitabiah dan peneliti dari pihak kristen sendiri

    dan untuk HOAX cerita penemuan kapal Nuh saya juga sertakan serta cerita nuh hanya adopsi dari YUNANI
    KITA bahas:
    Peradaban manusia dibumi ini saja sudah diteliti secara arkelogi ,bahkan diuji ilmiah karbon untuk menentukan berapa usia peradaban DUNIA secara ilmiah dimana ditemukan bahwa usia bumi lebih dari 60,000,000 tahun usianya

    Sejarah mesir sudah ada 5000 tahun yang lalu,India sudah ada 8000 tahun lalu ini semua tercatat dalam bentuk arkelogi dimana peninggalan tersebut ditemukan bukti fisik secara valid terhadap peninggalan manusia lampau dengan bukti catatan catatan peninggalan ,INDIA saja mempunyai pencatatan budaya HINDHU yang sudah lebih dari 5000 tahun,traskrip tulisan tulisan pali,sansekerta bahkan berupa prasasti sudah ditemukan,China juga lebih dari pada 17,000 tahun lalu sudah mengenal bahkan ritual penyembahan dewa dewa

    3 bukti sejarah peradaban dunia itu sudah menjadi legenda,mitos saja yang mana hanya bagian kumpulan dongeng seperti firaun,dewa ra atau matahari,cerita mahabharata,ramayana, dan nantinya juga akan diikuti oleh alkitab bahkan quran

    Karena sudah jelas sumber alkitab yahudi mencatat juga jelas sisilah ,keturnan antar bangsanya dan diteliti secara indenpenden oleh kelompok kristen sendiri bahwa jarak waktu kejadian NUH hanya 3500 dari yesus atau 5500 dari sekarang yang jelas bertabrakan dengan sejarah bangsa lain dimana bangsa lain tidak pernah mengalami pemusnahan masal oleh banjir dan tidaklah mungkin hanya 4 pasang manusia sejenis RAS dapat menbghasilkan multi ras atau etnis dalam jangka waktu 3500 tahun karena dizaman YESUS saja sudah ada aneka bangsa(pembahasan dongeng berikutnya adalah menara BABEL)

    Tambahan jelasnya HOAX kristen

    pengunungan arafat tempat kapal nuh hanyalah tipuan bisa anda chek

    http://en.wikipedia.org/wiki/Mount_Ararat

    Pengunungan tersebut tertutup salju dan bentuknya jauh sekali seperti sebuah kapal,dan hoax kristen tentang nuh sudah menjadi bumerang dimana kesalahan pokok dari cara pengajaran mitos ,dongeng yahudi yang mengadopsi YUNANI tidak akan mungkin ditutupi lagi

    Dan saya ulangi
    INI berita HOAX
    Sudah terbukti itu gambar fhoto palsu dan tidak terbukti itu adalah kapal yang dibuat nuh(beritanya sudah jelas HOAX)sudah pernah dilansir berita tersebut hanyalah hoax untuk uang/pariwisata saja
    Malahan saya katakan kapal nuh ada di pulau JAWA namanya GUNUNG TAKUBAN PERAHU
    mitos,legenda,dongeng kristen seperti inilah yang harusnya jangan menjadikan landasan keimanan ajaran YESUS
    Mana mungkin 8 ras yahudi bisa menjadi ribuan etnis dan 3 RAS utama dalam jangka waktu 2500 tahun dari awal YESUS saja sudah banyak bangsa bangsa apalgi china,india,mesir sudah ada lebih lama peradabannya dari cerita dongeng tersebut ,logika dipakai
    Rasio kapal juga tidak akan mampu menampung seluru jenis hewan darat ,apalagi tumbuhan ada yang tidak tahan air selama 40 hari tanpa sinar matahari

  54. qu dLh sekitar taon 94 pernaa liadd org Toraja yg iris dahi.x pakee pisauu saat dy Lg kerasukan ” masih menganut aluk todolo” ,, tp daLam sekejab Luka.x sembuh ketika di usap pake bunga yg org toraja sebut ”Tabang” :) amazing …. tp zkrgg dah gk ada ritual kyk gtu aL.x semuaa udh px agama …. tp rambu tuka’ n rambu solo’ tetap eksiss

  55. aiihii, torro ko mi pia, na kande komi batitong, hahahaha

  56. saya baru tau malahan dari temen yang pindahan dari sulawesi jadi iseng nyari nyari info.
    indonesia emanga luar biasa

  57. yamo .. rato… ke te’ mi patonganni den tongan to… ?
    budamo.. tau umpokadai … tu tomate ma’..lingka biasa duka kade’na
    male ndaka’.. pangngan ha… ha…. tapi percayalah itu benar2 ada
    tau……! siapa yg tidak percaya wleee’…… !

  58. hi i am very happy to know that.
    Nice work, interesting blog, keep us posting……….

  59. Jaman modern spt ini gak mungkin lagi ilmu spt itu digunakan, kenapa? Jaman dahulu klu ada kerabat meninggal spt dimakassar mau ketoraja bth wkt 1 minggu, klu skrg cm bth wkt 4 jam, ya ngapain pk ilmu, cm kadang masyarakat yg msh primitif menggunakan ilmu spt itu ke binatang, spt pd saat pesta adat, jika kerbau sdh dipotong dan dikuliti tiba-tiba hidup kembali nyerang orang shg menjadi unik dimata tourist” yg masuk ke tana toraja.

  60. Di toraja mana itu kawan?
    Aku tinggal di mamasa, aku tidak pernah dengar kalau di toraja ada mayat bisa berjalan…

  61. At this time it appears like WordPress is the best blogging
    platform available right now. (from what I’ve read) Is that what you are using on your blog?

  62. Hello i am kavin, its my first occasion to commenting anywhere, when i read this article i thought
    i could also create comment due to this brilliant article.

  63. Hello! I just wanted to ask if you ever have any issues with hackers?
    My last blog (wordpress) was hacked and I ended up losing
    a few months of hard work due to no back up.
    Do you have any methods to protect against hackers?

  64. toraja the best
    saya juga ktrunan toraja..BANGGA
    CERITAKAN..LAGI SEJARAH NYA.SABAH MALAYSIA

    • Saya juga asli toraja tapi tdk lahir di Toraja,siapa yg tdk percaya ke ajaiban di Toraja ,silahkan kunjungi nanti setelah di sana siapa yg bisa perintah mayat ber jalan,saya sekolah di SD KE’PE’ tahun 1964 dan saya lihat orang yg potong lehernya terpisah dgn badan nya dan bisa nyambung lagi,,ini dulu biasanya pesta2 yg masih menganut agama animisme.

  65. I have been exploring for a little for any high quality articles or blog posts on this kind of space .
    Exploring in Yahoo I eventually stumbled upon this
    web site. Reading this info So i am satisfied to exhibit
    that I have a very excellent uncanny feeling I found out
    just what I needed. I such a lot definitely will make certain
    to don?t put out of your mind this site and provides it a
    look regularly.

  66. Hi there! Do you use Twitter? I’d like to follow you if that would be okay. I’m definitely
    enjoying your blog and look forward to new updates.

  67. My programmer is trying to convince me to move to
    .net from PHP. I have always disliked the idea because
    of the expenses. But he’s tryiong none the less. I’ve been using Movable-type on numerous websites for
    about a year and am concerned about switching to another platform.
    I have heard fantastic things about blogengine.net. Is there a way I can import
    all my wordpress content into it? Any help would be really appreciated!

  68. wah yg pastinya orang malaysit tdak bisa mngklaim budaya indonesia yg satu ini

  69. Very descriptive blog, I loved that a lot. Will there be a part
    2?

  70. jangan ada dusta di antara kita…
    (dana denlen ta sipakena) salam knal smua saudara2 q sang torayan…. Saya dari sa’dan… Tp skarang krja di kaltim…

    Saya plg suka dengar lagu toraja yg ini…
    Kami sang torayan….
    Umba2 padang ki olai…
    Masussa marending kirampoi…
    Tang ki poma banda penawa….
    Yamo tengka ki olai umpasundun rongkok kan…..

    Salam persaudaraan buat smua saudara q dmn pun berada…
    Tetap semangat jalin silahturahmi dan komunikasi jgn sampai trputus….

    Inilah semboyan orang toraja ” misa kada di potuo, pantan kada di pomate”

  71. agama kawan2 di toraja apa bro?

  72. Definitely believe that which you stated. Your favorite reason appeareed tto be on the weeb
    the easiest thing to be aware of. I say to you, I definitely get irked
    while people consider worries thqt they just do noot know about.
    You managed to hhit the nail upon the topp and also defined out the
    whole thing without having side effect , people could tame a signal.
    Will likely be back to geet more. Thanks

  73. You have made some really good points there. I looked on the net to learn more about
    the issue and found most individuals will go along with your views
    on this website.

  74. beneran nih…toraja unik. aq baru-baru jalan ke sebuah pesta di toraja bulan september 2013 lalu. aq liat ada seekor kerbau di tinggoro….(di potong leherx). ya ampun kerbaux masih bisa dituntun sampai jauh ke dapur umumx orang bau…..kerbaux jalan sambil muncratkan darah dari leher…..mustahil tapi kenyataan orang toraja….bukan sulap bukan balik mata….itu benar….itu kenyataan toraja memang is the best. who can be as them. none!


Comments RSS TrackBack Identifier URI

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.